Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEBUDAYAAN BALI


 Nah, sebelumnya saya sudah memberikan sedikit pengenalan tentang budaya Aceh , sekarang sedikitnya saya ingin menjelaskan tentang Kebudayaan di Bali . Dari Sejarah hingga Aspek Pembangunannya. Selamat membaca, dan semoga bermanfaat :)


SEJARAH
Bali berasal dari kata “Bal” dalam bahasa Sansekerta berarti "Kekuatan", dan "Bali" berarti "Pengorbanan" yang berarti supaya kita tidak melupakan kekuatan kita. Supaya kita selalu siap untuk berkorban. Bali mempunyai 2 pahlawan nasional yang sangat berperan dalam mempertahankan daerahnya yaitu I Gusti Ngurah Rai dan I Gusti Ketut Jelantik.


BAHASA
Bali sebagian besar menggunakan bahasa Bali dan bahasa Indonesia, sebagian besar masyarakat Bali adalah bilingual atau bahkan trilingual.
Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga dan bahasa asing utama bagi masyarakat Bali yang dipengaruhi oleh kebutuhan industri pariwisata. Bahasa Bali di bagi menjadi 2 yaitu, bahasa Aga yaitu bahasa Bali yang pengucapannya lebih kasar, dan bahasa Bali Mojopahit.yaitu bahasa yang pengucapannya lebih halus.

PENGETAHUAN
Banjar atau bisa disebut sebagai desa adalah suatu bentuk kesatuan-kesatuan social yang didasarkan atas kesatuan wilayah. Kesatuan social tersebut diperkuat oleh kesatuan adat dan upacara keagamaan. Banjar dikepalai oleh klian banjar yang bertugas sebagai menyangkut segala urusan dalam lapangan kehidupan sosial dan keagamaan,tetapi sering kali juga harus memecahkan soal-soal yang mencakup hukum adat tanah, dan hal-hal yang sifatnya administrasi pemerintahan.

MATA PENCAHARIAN
Pada umumnya masyarakat bali bermata pencaharian mayoritas bercocok tanam, pada dataran yang curah hujannya yang cukup baik, pertenakan terutama sapi dan babi sebagai usaha penting dalam masyarakat pedesaan di Bali, baik perikanan darat maupun laut yang merupakan mata pecaharian sambilan, kerajinan meliputi kerajinan pembuatan benda anyaman, patung, kain, ukir-ukiran, percetakaan, pabrik kopi, pabrik rokok, dll. Usaha dalam bidang ini untuk memberikan lapangan pekerjaan pada penduduk. Karena banyak wisatawan yang mengunjungi bali maka timbullah usaha perhotelan, travel, toko kerajinan tangan.

RELIGI
Agama yang di anut oleh sebagian orang Bali adalah agama Hindu sekitar 95%, dari jumlah penduduk Bali, sedangkan sisanya 5% adalah penganut agama Islam, Kristen, Katholik, Budha, dan Kong Hu Cu. Tujuan hidup ajaran Hindu adalah untuk mencapai keseimbangan dan kedamaian hidup lahir dan batin.orang Hindu percaya adanya 1 Tuhan dalam bentuk konsep Trimurti, yaitu wujud Brahmana (sang pencipta), wujud Wisnu (sang pelindung dan pemelihara), serta wujud Siwa (sang perusak). Tempat beribadah dibali disebut pura. Tempat-tempat pemujaan leluhur disebut sanggah. Kitab suci agama Hindu adalah weda yang berasal dari India.
Orang yang meninggal dunia pada orang Hindu diadakan upacara Ngaben yang dianggap sanggat penting untuk membebaskan arwah orang yang telah meninggal dunia dari ikatan-ikatan duniawinya menuju surga. Ngaben itu sendiri adalah upacara pembakaran mayat. Hari raya umat agama hindu adalah Nyepi yang pelaksanaannya pada perayaan tahun baru saka pada tanggal 1 dari bulan 10 (kedasa), selain itu ada juga hari raya galungan, kuningan, saras wati, tumpek landep, tumpek uduh, dan siwa ratri.
Pedoman dalam ajaran agama Hindu yakni : 

(1).tattwa (filsafat agama), 
(2). susila (Etika), 
(3).Yadnya (upacara agama) 


Dibali ada 5 macam upacara (panca yadnya), yaitu :
(1). Manusia Yadnya yaitu upacara masa kehamilan sampai masa dewasa. 
(2). Pitra Yadnya yaitu upacara yang ditujukan kepada roh-roh leluhur. 
(3). Dewa Yadnya yaitu upacara yang diadakan di pura / kuil keluarga.
(4). Rsi Yadnya yaitu upacara dalam rangka pelantikan seorang pendeta.
(5). Bhuta Yadnya yaitu upacara untuk roh-roh halus disekitar manusia yang mengganggu manusia.

KESENIAN
Kebudayaan kesenian di bali di golongkan 3 golongan utama yaitu :

- seni rupa misalnya seni lukis, seni patung, seni arsistektur,
- seni pertunjukan misalnya seni tari, seni sastra, seni drama,
- seni musik dan seni audiovisual misalnya seni video dan film.

NILAI-NILAI BUDAYA
1. Tata krama : kebiasaan sopan santun yang di sepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia di dalam kelompoknya.
2. Nguopin : gotong royong.
3. Ngayah atau ngayang : kerja bakti untuk keperluan agama.
4. Sopan santun : adat hubungan dalam sopan pergaulan terhadap orang-orang yang berbeda sex.

ASPEK PEMBANGUNAN
Di Bali jenis mata pencahariannya adalah bertani disawah. Mata pencaharian pokok tersebut mulai bergeser pada jenis mata pencaharian non pertanian. Pergeseran ini terjadi karena bahwa pada saat sekarang dengan berkembangnya industri pariwisata di daerah Bali, maka mereka menganggap mulai berkembanglah pula terutama dalam mata pencaharian penduduknya.
Sehingga kebanyakan orang menjual lahannya untuk industri pariwisata yang dirasakan lebih besar dan lebih cepat dinikmati. Pendapatan yang diperoleh saat ini kebanyakan dari mata pencaharian non pertanian, seperti : tukang, sopir, industri, dan kerajinan rumah tangga. Industri kerajinan rumah tangga seperti memimpin usaha selip tepung, selip kelapa, penyosohan beras, usaha bordir atau jahit menjahit.  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Anonim mengatakan...

hahahaahaaa...
saya pun baru tau ternyata begini sudut pandangnya Bali di dunia maya..
hahahahahhaaa...
oke, terima kasih :D

WhitePearl mengatakan...

waahh ??
bedakah sama yang di dunia maya ??
Ahahahha....
kakak pake bahasa bali apa ?
Pernah ikut langsung upacara keagamaan ?? *doh* pastinya
tanggal 1 dari bulan 10 (kedasa) ,, maksudnya apa kak ???

Anonim mengatakan...

hhahaaa..
ngga beda-beda juga sih , cuma ternyata gini, baru tau aja :p

tergantung sih, tapi kk ga suka bahasa bali kasar :) kk kan ank baik, ga boleh ngomong kasar,hahahaa.. lagian sehari hari pake bahasa indonesia, jadi ya biasa aja.. hhe

itu semacam tahun barunya agama hindu, disebutnya NYEPI, klo islam itu Idul Fitri kan ?
nah, smcam itulah, tapi beda pelaksanaannya, klo agama islam dengan meriah, kami umat hindu melaksanakannya dengan diam. yah, kira2 begitu :p ga pernh denger ya ? hehee..

Anonim mengatakan...

oia, kapan puisi puisinya di masuk'in ke sini ??
:)

selamat Idul fitri ya ddek :D
mohon maaf lahir bathin :)

Whitepearl mengatakan...

Hoohohohho....
yang kasar ntuh kaya mana ? yang halus juga kaya mana sih kka ??
HOoooO....
Ahahahaha.. lain juga yaa,, meriah -> diam
klo nyepi sih pernah , tappi masa cuma itu ?
yang lain ?

mungkin besok , nih lagi gabung ama copiez ousy ^^

Posting Komentar

^^ jangan lupa komentar dan sarannyaa,,
komentar dan saran apa aja asalkan sopan ^ _ ^